Posted by : Irfan Sep 24, 2014


#Alat-alat menggambar manga
-Tips memilih alat menggambar
-menentukan alat untuk menggambar


Menggambar merupakan sebuah hobi yang menyenangkan, menggambar adalah suatu aktifitas batin yang di tuangkan ke dalam kanvas atau media lain sebagai karya yang mempunyai nilai estetika yang dapat membangkitkan perasaan orang lain. Menggambar adalah perwujudan perasaan, ekspresi dan hasrat dari seorang pelukis sebagai bentuk dari pelampiasan diri agar perasaan atau hasrat yang dimilikinya dapat tersalurkan. Oleh karena itu, tidak salahnya kita untuk mencoba menggambar untuk menghilangkan kegaduhan ataupun mengisi waktu luang agar apa yang kita kerjakan saat ini bisa bermanfaat bukan? Daripada galau dirumah “haha” just kidding…
    
1. Kertas

Hal yang di butuhkan sebelum menggambar yakni adalah kanvas, kanvas yang baik adalah kanvas yang memiliki ketebalan yang baik dan tidak terlalu tipis. Kanvas yang di gunakan untuk menggambar biasanya adalah ukuran A3 atau A4 ataupun kalian juga bisa menggunakan Sketchbook. Keunggulan menggunakan SketchBook adalah agar ringkas dan tidak ribet, tidak seperti layaknya kertas yang harus membawa begitu banyak lembaran kertas bukan? Untuk melukis dengan pensil, biasanya digunakan kertas yang beratnya sekitar 200g/m2, Kertas jenis ini biasanya cenderung lebih kuat,kokoh dan keras sehingga terhindar dari bekas gesekan atau terkelupas saat menghapus ataupun tekanan pada pensil, beberapa kertas terkadang sulit untuk menonjolkan warnanya saat proses shading.Oleh karena itu anda harus cermat dalam memilihat kanvas yang bagus untuk menggambar. Merek kertas yang sering di gunakan untuk menggambar yakni adalah kertas merek Canson & Liwu namun kedua merek ini sangat sulit untuk di cari dan hanya berada pada toko-toko khusus saja. Oleh karena itu menggunakan kertas apapun sebenarnya boleh-boleh saja tergantung keperluannya masing-masing.

2. penghapus



Penghapus adalah alat untuk menghilangkan arang bekas coretan pensil. Saat menggambar, penghapus sangatlah di perlukan untuk menghindari dari kesalahan, akan tetapi sangat disarankan untuk dijauhi, karena resiko untuk mengotori permukaan kertas sangat besar, terlebih jika tangan berkeringat. Mangaka yang mengejar kesempurnaan biasa membeli merk tertentu yang lembut dan tidak mengotori dan merusak tekstur permukaan kertas. Berikut macam-macam penghapus yang patut anda ketahui :

·         Penghapus karet (rubber eraser)
penghapus jenis ini merupakan salah satu varian yang paling banyak digunakan untuk menghapus kesalahan pada tulisan dengan mengangkat kotoran ketika benda ini digosokkan. Sebenarnya, penghapus karet tidak merusak permukaan kertas jika digunakan secara normal, namun kertas bisa sobek bila Anda menggosokkannya terlalu keras.

·         Penghapus Art Gum
Penghapus jenis ini sebenarnya terbuat dari bahan yang sama dengan penghapus karet biasa, namun memiliki tekstur yang lebih lembut sehingga mudah hancur ketika digunakan. Walaupun sedikit rapuh namun penghapus ini sangat efisien dan elastis, penghapus art gum sering dijadikan pilihan karena kelembutan teksturnya tidak merusak kertas.


2. pensil dan alat bantu gambar

Pensil merupakan alat yang di gunakan untuk menulis yang berupa arang berwarna hitam dan dapat di hapus menggunakan penghapus. Pensil mempunyai berbagai macam variasi tergantung kehitamannya masing masing, kehitamannya dimulai dari 9B -9H

Contoh Ilustrasi :

Pensil yang cocok di gunakan untuk menggambar yakni menggunakan pensil dengan ketebalan 5H untuk membuat shading atau sketsa agar mudah di hapus jika salah, kemudian menggunakan pensil HB-2B untuk menebalkan, rekomendasi menggunakan mekanik untuk menebalkan garis sketsa yang mendetail, karena pada ujung pensil itu lebih kecil dan rumit. Atau jika anda ingin menggambar menggunakan spidol/drawing pen gunakanlah Pensil dengan ketebalan 5H dan tebalkan dengan drawing pen atau alat ink lainnya. Pensil Kayu yang bagus mereknya itu Faber Castell dan Staedler dengan harga berkisar Rp3.000-4.000. Kalau Pensil Mekanik yang bagus itu mereknya Pilot sama Faber Castell dengan harga berkisar Rp.9.000-15.000.

Selain itu alat bantu gambar sangat di perlukan guna memberi kenyamanan serta produktifitas dalam membuat sketsa. Adapun sebagai berikut:

  • Penggaris
  • Jangka
  • Gunting
  • Meja Gambar dll


3. Drawing pen & Pena Brush




Drawing pen digunakann untuk membuat line art atau menebalkan. Ukurannya pun beragam Mulai dari 0,05mm s/d 0,8mm. Merek Yang terkenal adalah Snowman yang harganya Rp9.500. Sementara Pena Brush fungsinya untuk membuat Efek seperti gelap terang suatu gambar dan efek lainya. Merek yang terkenal itu adalah Sakura, harganya sekitar Rp15.000-an.

4. Alat Blending (bila di perlukan)



Tortillon adalah alat untuk meratakan / menghaluskan arsiran pensil, pastel, atau charcoal. Tortillon ini salah satu dari alat alat untuk mencampurkan arsiran, contoh alat yang paling sederhana yang digunakan untuk meratakan arsiran yaitu Tissu dan cotoon bud. Sulit untuk membelinya? Tortillon itu sebenarnya hanya sebuah gulungan kertas yang padat. jadi untuk membuatnya sendiri terbilang cukup mudah hanya butuh latihan saja.




Langkah 1 :
Sediakan kertas A4. Tandai 2.5cm di satu sisi dan 2.5cm juga di sisi yang lain. Lalu beri garis dengan penggaris. Gunting bagian garis yang sudah dibuat. 2 bagian kertas tersebut bisa dibuat 2 Tortillon.





Langkah 2 :
Mulai dari ujung yang sempit, cobalah untuk menggulung kertas dengan merata dan cukup padat, menuju tepi yang lebih luas.








Langkah 3 :
Setelah kertas digulung erat, tahan dengan kuat dan dorong bagian tengahnya menggunakan jarum atau kawat, untuk membentuknya menjadi seperti pensil.











Langkah 4 :
Agar gulungan nya tidak longgar, kamu butuh perekat untuk menguatkannya. Setelah itu bisa kamu mulai gunakan :) Mudah kan.






PERINGATAN..!!!
Jika anda ingin copy paste artikel ini mohon bersertakan dari mana sumber tsb.saling berbagi itu menyenangkan ^^ sekian terima kasih.

{ 17 comments... read them below or Comment }

  1. Thanks http://natasyafaresha.blogspot.co.id/2016/11/tips-jitu-menghemat-memori-di-perangkat.html

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya hehe, menambah wawasan saya meskipun sedikit kurang lengkap, tp nice banget saya sukaa.
    Mampir yaa
    Sketseer.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. Thanks info nya bang oh ya kalo boleh nanya menurut abang Bagus mana Pensil HB atau 2B dan dimana apakah di toko alat tulis ada Drawing pen dan pena brush Dan Pensil 5H juga

    ReplyDelete
  4. Maaf ini membantu tapi lain kali yang lengkap ya saya sangat suka banget
    😊😊😊😊😍😍😍🙏🙏

    ReplyDelete
  5. Maaf ini membantu tapi lain kali yang lengkap ya saya sangat suka banget
    😊😊😊😊😍😍😍🙏🙏

    ReplyDelete
  6. Kasih tau harga harganya dong min :3 biar tau trus langsung bisa kumpulin uang, arigatou Gozaimasu sarannya! Itu sangat membantu. Ganbatte!!!

    ReplyDelete

Peraturan sebelum berkomentar:

1. Dilarang SPAM
2. Dilarang FLOOD
3. Hindari penggunaan kata-kata kotor dan menghina.
4. Dilarang menggunakan kata-kata yang dapat memancing keributan. (flamming)
5. Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan

Terima Kasih ^^

- Copyright © 2014FnCreative - Ore no Imouto - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -