Posted by : Irfan GX Apr 17, 2016

#Pengertian tentang tangga nada dan ragamnya
-Istilah tangga nada



Apa itu Tangga nada?
Tangga nada ialah tinggi rendahnya suatu nada berdasarkan urutan tertentu yang berjenjang. Jadi dalam suatu tangga nada, terdapat satu nada dasar selanjutnya diikuti oleh nada-nada yang lain, bisa nada lebih tinggi atau sebaliknya dengan pola interval tertentu, sehingga membentuk sebuah karakter khas dari tangga nada itu sendiri. Tangga nada memiliki 2 jenis, yaitu:
1) Tangga nada Diatonis
Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang memiliki 2 jarak tangga nada yaitu satu dan setengah. Tangga nada diatonis memiliki beberapa macam sebagai berikut:

->Tangga nada diatonis mayor
Tangga nada Diatonis ialah tangga nada yang susunannya berjarak 1 – 1 - ½ - 1 – 1 – 1 - ½




->Tangga nada diatonis Minor
Tangga nada diatonis Minor ialah tangga nada yang susunannya berjarak 1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1–1
Tangga nada minor terbagi dalam 3 jenis yaitu :

a.Tangga nada Minor asli
tangga nada yang memiliki nada-nada dasar minor pada umumnya dan belum mendapat sisipan. Berikut merupakan tangga nada Minor asli :



b. Tangga nada Minor harmonis
Adalah tangga nada minor yang nada ke 7nya ditingkatkan sebesar setengah laras. Berikut deretan tangga nada Minor harmonis :

c. Tangga nada Minor melodis
Adalah tangga nada minor yang nada ke 6 dan ke 7 nya pada saat naik di tingkatkan sebesar setengah laras dan setelah itu di turunkan sebesar setengah laras ketika pada saat turun. Untuk lebih jelasnya silahkan simak gambar berikut ini:

2) Tangga nada Pentatonis
Tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang hanya memiliki 5 nada pokok.Nada yang ada dalam tangga nada pentatonis tidak dilihat berdasarkan jarak nada, melainkan berdasarkan melalui urutannya dalam tangga nada.

Tangga nada pentatonis sendiri terbagi atas dua tangga nada, yaitu pelog dan slendro. Masing-masing jenis tangga nada pentatonis ini mempunyai susunan jarak nada dan suasana yang berbeda.

Tangga nada pentatonis pelog akan memberikan perasaan tenang, hormat, dan memuja. Sedangkan tangga nada slendro bersifat gembira, bersemangat, dan terkadang fantastik.


PERINGATAN..!!!

Jika anda ingin copy paste artikel ini mohon bersertakan dari mana sumber tsb.saling berbagi itu menyenangkan ^^ sekian terima kasih...

{ 7 comments... read them below or Comment }

  1. admin kok gk ada tangga nada kromatis dan debusian???
    tolong di tambah ya min..thanks semoga sukses min

    ReplyDelete
  2. Woy artikel yg bener dong masak kurang lengkap judul sama isinya gk sama gua laporin biar blog lu di check ini namanya penipu menghabiskan KUOTA saja Kau Mohon Dibetulkan Lagi...

    ReplyDelete
  3. Lumayan Untuk pengetahuan mohon dilengkapi lagi mas/mbak...Salam

    ReplyDelete

Peraturan sebelum berkomentar:

1. Dilarang SPAM
2. Dilarang FLOOD
3. Hindari penggunaan kata-kata kotor dan menghina.
4. Dilarang menggunakan kata-kata yang dapat memancing keributan. (flamming)
5. Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan

Terima Kasih ^^

- Copyright © 2014FnCreative - Ore no Imouto - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -