Posted by : Irfan GX Apr 17, 2016

#Macam-macam kunci/ akord gitar
-Karakteristik akord




Apa itu Akord atau kunci dalam musik?
Akord atau dalam bahasa sederhananya bisa di sebut dengan “kunci” adalah sekumpulan nada yang di bunyikan secara serentak dan menimbulkan suara yang harmonis dan enak di dengar. Umumnya akord terdiri dari 3 nada atau lebih. Dalam permainan musik, akord sangatlah menentukan suasana dalam permainannya, misalnya ketika penyair ingin menyanyikan lagu riang gembira, maka biasanya penyair menggunakan akord major sebagai nada dasarnya. Begitupula ketika penyair ingin menyantikan lagu yang bernuansa sedih, maka biasanya penyair menggunakan akord minor sebagai nada dasarnya, dan masih banyak lagi. Sebaiknya anda harus memahami terlebih dahulu tangga nada dalam musik. Anda dapat membacanya di artikel “Pengertian dan macam-macam tangga nada” .Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut.

Chord Major
Chord major biasanya di tuliskan dengan huruf Kapital seperti “C, D, E, F, G dan lain-lain. Akord ini sangatlah sering di gunakan dalam permainan musik. Akord major terdiri dari 3 nada dan masing-masing nada memiliki tingkatan-tingkatan yang mutlak. Akord major memiliki jarak 1-3-4# atau “Do, Mi, Sol” dari tingkatannya. Misalnya ketka kita ingin membuat kunci D, maka susunannya menjadi D – F# - A. Atau kita ingin membuat kunci C maka susunannya menjadi
C – E – G dan seterusnya.
Chord Minor
Chord Minor biasanya dituliskan dengan penambahan huruf setelah huruf Kapital dengan lambang ‘m’ dibaca minor, setelah huruf Kapital seperti Am, Bm, Cm, Dm, Em dll.
Perbedaan antara akord minor dan major terletak pada nada ke 2 dari tingkatan akord. Akord minor memiliki jarak 1 – 3b – 4# dari tingkatannya. Jadi nada kedua di turunkan setengah nada dari nada intervalnya. Misalnya ketika kita ingin membuat kunci C, maka susunannya menjadi C – Eb – G. Atau ketika kita ingin membuat kenci E, maka susunannya menjadi E – G – B.

Chord fifth (5)
Chord fifth adalah akord yang hanya memiliki 2 nada saja. Akord ini biasanya di beri lambang “5” seperti C5, D5, E5, F5 dll. Dengan jarak nada sebesar 1 – 5. Sebagai contoh, ketika kita ingin membuat kunci G, maka susunannya menjadi G – D.
Chord Sixth (6)
Chord Sixth adalah akord yang memiliki 4 nada sekaligus. Susunan yang terdiri dari 4 nada dinamakan caturnada. Akord ini biasanya di beri lambang “6” seperti C6, D6, E6 dll. Dengan jarak nada sebesar 1 – 3 – 4# - 5#. Jadi kalau kita urungkan, sebenarnya kunci ini adalah penambahan nada pada jarak tingkatan nada terakhir yaitu 4# dengan menambahkan 1 tingkatan lagi dari nada dasar. Sebagai contoh, ketika kita ingin membuat kunci C, maka susunannya menjadi C – E – G – A. atau ketika kita ingin membuat kunci D, maka susunanya berupa D – F# - A – B.
Chord Sevent (7)
Chord Sevent adalah akord yang memiliki 4 nada yang sama seperti akord Sixth. Perbedaannya hanyalah penambahan nada dengan tingkat 1# (satu setengah) dari nada ketiga atau akhir. Dengan jarak sebesar 1 – 3 – 4# - 6 dan diberi lambang “7” seperti C7, D7,E7 dll. Sebagai contoh, ketika kita ingin membuat kunci A, maka susunannya menjadi A – C# - E – G. atau ketika kita ingin membuat kunci C, maka susunannya menjadi C – E – G – Bb.
Chord Ninth (9)
Chord Ninth adalah akord yang memiliki 5 nada sekaligus. Akord ini adalah penambahan nada dari akord Ninth. Dengan menambahkan nada dengan tingkat 2 dari nada ke empat. Akord ini diberi lambang “9” seperti C9, D9, E9 dll. Jadi jaraknya menjadi 1 – 3 – 4# - 6 – 8. Sebagai contoh, kita ingin membuat akord C9 maka susunannya menjadi C – E – G – Bb – D.


Chord Elevent (11)
Chord Elevent adalah akord yang memiliki 6 nada sekaligus. Akord ini adalah penambahan nada dari akord Elevent. Dengan menambahkan nada dengan tingkat 1# (satu setengah) dari nada ke lima. Akord ini diberi lambang “11” seperti C11, D11 , E11, F11 dll. Jadi jaraknya menjadi 1 – 3 – 4# - 6 – 8 – 10b. sebagai contoh, ketika kita ingin membuat akord C11, maka susunannya menjadi C – E – G – Bb – D – F.
Chord Thirteenth (13)
Chord Thirteenth adalah akord yang memiliki 7 nada sekaligus. Akord ini adalah penambahan nada dari akord Thirteenth. Dengan menambahkan nada dengan tingkat 2 dari nada ke enam. Akord ini diberi lambang “13” seperti C13, D13 , E13, F13 dll. Jadi jaraknya menjadi 1 – 3 – 4# - 6 – 8 – 10b – 12b. sebagai contoh, ketika kita ingin membuat akord C11, maka susunannya menjadi C – E – G – Bb – D – F – A.
Chord minor Sixth (6)
Chord minor Sixth susunannya hampir sama seperti akord major. Hanya saja nada ke 2 nya di turunkan setengah, jadi jaraknya menjadi 1 -3b – 4# - 5#. Contoh akord C, maka susunannya adalah C – Eb – G – A.
Chord minor Seventh (7)
Chord minor Seventh susunannya hampir sama seperti akord major. Hanya saja nada ke 2 nya di turunkan setengah, jadi jaraknya menjadi 1 - 3b – 4# - 6. Contoh akord C, maka susunannya adalah C – Eb – G – Bb.
Chord minor Ninth (9)
Chord minor Sixth susunannya hampir sama seperti akord major. Hanya saja nada ke 2 nya di turunkan setengah, jadi jaraknya menjadi 1 -3b – 4# - 6 - 8. Contoh akord C, maka susunannya adalah C – Eb – G – Bb – D.
Chord minor Elevent (11)
Chord minor Elevent susunannya hampir sama seperti akord major. Hanya saja nada ke 2 nya di turunkan setengah, jadi jaraknya menjadi 1 -3b – 4# - 6 – 8 – 10b. Contoh akord C, maka susunannya adalah C – Eb – G – Bb – D - F.
Chord Mayor Seventh (maj7)
Chord  mayor Sevent adalah akord yang memiliki 4 nada sekaligus. Dengan jarak sebesar 1 – 3 – 4# - 6# dan diberi lambang “maj7” seperti Cmaj7, Dmaj7,Emaj7 dll. Sebagai contoh, ketika kita ingin membuat kunci A, maka susunannya menjadi A – C# - E – G#. atau ketika kita ingin membuat kunci C, maka susunannya menjadi C – E – G – B.
Chord Mayor Ninth (maj9)
Chord mayor ninth susunannya hampir sama seperti akord mayor seventh. Hanya saja nada ke 4 ditambahkan nada dengan jarak 1#. jadi jaraknya menjadi 1 – 3 – 4# - 6# - 8. Contoh akord C, maka susunannya adalah C – E – G – B - D.
Chord Augmented (aug)
Chord Augmented adalah akord yang dimana nada akhirnya ditambahkan setengah nada dari nada aslinya. biasanya dituliskan dengan penambahan “aug” atau tanda “+”.  Sebagai contoh: Caug, Baug, Daug, C+, D+, E+, dll. Jarak dari akord augmented adalah 1 – 3 – 5. Contoh akord C, susunannya menjadi C – E – G#.
Chord Augmented Seventh (aug7)
Chord Augmented Seventh adalah akord cabang dari akord augmented dengan menambahkan nada dengan 1 tingkatan dari intervalnya. biasanya dituliskan dengan penambahan “aug7” atau tanda “+7”.  Sebagai contoh: Caug7, Baug7, Daug7, C+7, D+7, E+7. Jarak dari akord augmented seventh adalah 1 – 3 – 5 - 6. Contoh akord C, susunannya menjadi C – E – G# - A#.

Chord Diminished (dim)
Chord Diminished adalah akord yang dimana nada ke 2 dan ke 3nya di turunkan setengah nada dari nada asal. biasanya dituliskan dengan penambahan “dim” atau tanda “o”. di tulis dengan lambang Cdim,Ddim,Co, Do, Go, dll. Jarak dari akord diminished adalah 1 – 3b – 4. Contoh akord C, susunannya menjadi C – Eb – Gb.

Chord Dimished Seventh (dim7)
Chord Diminished seventh adalah akord tambahan dari akord diminshed. Perbedaannya hanyalah penambahan nada dengan tingkat 2 dari nada akhir. biasanya dituliskan dengan penambahan “dim7” atau tanda “o7”. di tulis dengan lambang Cdim7,Ddim7,Co7, Do7, Go7, dll. Jarak dari akord diminished seventh adalah 1 – 3b – 4 – 6. Contoh akord C, susunannya menjadi C – Eb – Gb.
Chord Suspended Fourth (sus4)
Chord Suspended Fourth adalah akord yang dimana nada ke 2 dinaikan sebanyak 1 tingkat. biasanya dituliskan dengan lambang Csus4 Dsus4, Esus4 dll. Dengan jarak ke 1 – 4b – 4# contoh ketika kita ingin membuat kunci C, maka susunannya C – F – G atau ketika kita ingin membuat kunci D, maka susunanya D – G – A.

Catatan
chord seperti G/D, itu berarti bunyi dari G terdengar sama dengan bunyi D. akord ini disebut Enharmonis. Karena chord seperti ini bila di mainkan akan selaras dan menghasilkan suara yang sama. Untuk lebih jelasnya, akan saya jelaskan di lain waktu. Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

PERINGATAN..!!!
Jika anda ingin copy paste artikel ini mohon bersertakan dari mana sumber tsb.saling berbagi itu menyenangkan ^^ sekian terima kasih...

Leave a Reply

Peraturan sebelum berkomentar:

1. Dilarang SPAM
2. Dilarang FLOOD
3. Hindari penggunaan kata-kata kotor dan menghina.
4. Dilarang menggunakan kata-kata yang dapat memancing keributan. (flamming)
5. Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan

Terima Kasih ^^

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2014FnCreative - Ore no Imouto - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -