Posted by : Irfan GX Aug 20, 2016


Kalau kita berbicara tentang mewarnai, mungkin yang di benak oleh kebanyakan orang ialah bahwa kegiatan ini di lakukan untuk anak-anak, Stop..!, Siapa bilang kalau kegiatan ini hanya untuk anak-anak? Kegiatan ini dapat pula di lakukakan untuk orang dewasa lho. salah satu alasanya ialah agar meredakan stres dan sebagai sarana relaksasi. Selain itu mewarnai juga terlah terbukti dapat mampu meredakan kecemasan,melatih fokus,meningkatkan kreatifitas,melatih kemampuan motorik halus dan lain sebagainya.
Lalu, apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas mewarnai bagi orang dewasa?
•   Manfaat mewarnai yang pertama adalah dapat menghilangkan kejenuhan dan kebosanan.
•   Mewarnai mampu meningkatkan daya konsentrasi, mengasah otak, dan memancing kreativitas karena tidak adanya keterikatan dengan aturan tertentu, kita bebas menuangkan segala ide lewat pola, garis, detail pada lembar kertas mewarnai, serta dapat melakukan ekperimen aneka kombinasi warna, bahkan warna yang saling bertabrakan sekalipun.
•   Mewarnai pada orang dewasa juga mampu melatih ketekunan dan ketelatenan karena banyaknya pengulangan pola dan detail yang dilakukan saat mewarnai.
•   Manfaat mewarnai juga baik bagi kesehatan mental. Mewarnai mampu meredakan stres dan memberikan rasa ketenangan. Mewarnai juga dapat membantu mengatasi rasa takut, cemas, dan gelisah, karena mewarnai dapat mengistirahatkan sejenak kinerja Amyglada, yaitu salah satu bagian otak yang mengontrol emosi penyebab stress, cemas dan rasa takut.
•    Tak hanya keterampilan motorik anak-anak yang diasah, mewarnai pada orang dewasa juga dapat mengasah motorik agar selalu aktif sehingga memperlambat penurunan fungsi motorik akibat penuaan.
•   Manfaat mewarnai yang selanjutnya adalah membangkitkan energi positif pada orang dewasa karena mewarnai bisa mengingatkan kembali pada memori masa kecil yang menyenangkan, bebas dari kekhawatiran dan tekanan.
Selain itu, secara psikologis, beberapa warna tertentu juga dapat membangkitkan energi positif, seperti warna merah, oranye, kuning yang bisa membangkitkan rasa semangat, optimisme, dan keceriaan, warna hijau maupun biru yang memberikan rasa ketenangan dan kesejukan, dan lain sebagainya.
•   Mewarnai memberikan kesempatan pada diri kita untuk bebas mengekspresikan diri sesuai dengan emosi dan perasaan yang sedang dirasakan. Misalnya, saat sedang sedih, aktivitas mewarnai dapat dijadikan media untuk menumpahkan kesedihan yang dirasakan, lewat pemilihan warna tertentu sesuai keinginan kita, tarikan garis dan pola tertentu sesuka hati kita, dan lain sebagainya.
Efek dari mewarnai pada orang dewasa yang katanya bisa memberikan ketenangan, meredakan stres, dan kecemasan tersebut bukanlah klaim semata. Para ahli psikologi membuktikannya dengan pengukuran menggunakan alat canggih yang merekam bagaimana respon gelombang otak dan ritme jantung pada beberapa orang saat sedang mewarnai. Hasil pengukuran tersebut, para ahli mengungkapkan adanya perubahan pada detak jantung dan gelombang di otak.
Hingga saat ini, sudah banyak para ahli yang memanfaatkan aktivitas mewarnai sebagai salah satu teknik terapi psikologis. Hal tersebut bukan baru-baru ini saja terjadi, namun sudah dari dulu sejak awal tahun 1990, seorang psikiater bernama Carl G. Jung sudah menggunakan teknik terapis mewarnai pada pasien-pasiennya. Carl G. Jung menyarankan para pasiennya untuk mewarnai agar bisa menenangkan diri dan memusatkan pikiran mereka.
Sekarang, kita sudah tahu apa saja manfaat yang didapatkan dari aktivitas mewarnai. Saat stres dan suntuk melanda akibat banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari, tak ada salahnya untuk berhenti sejenak untuk melakukan aktivitas mewarnai agar perasaan jadi lebih rileks. Mewarnailah dengan santai, bebas, dan tanpa beban, agar stres hilang dan pikiran kembali jernih, sehingga ide-ide segar nan kreatif bisa muncul kembali.

Dikutip dalam berbagai sumber

PERINGATAN..!!!
Jika anda ingin copy paste artikel ini mohon bersertakan dari mana sumber tsb.saling berbagi itu menyenangkan ^^ sekian terima kasih...

Leave a Reply

Peraturan sebelum berkomentar:

1. Dilarang SPAM
2. Dilarang FLOOD
3. Hindari penggunaan kata-kata kotor dan menghina.
4. Dilarang menggunakan kata-kata yang dapat memancing keributan. (flamming)
5. Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan

Terima Kasih ^^

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2014FnCreative - Ore no Imouto - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -